Cara Memilih Body Cover

Kebutuhan perlin­dungan atas iklim dan cuaca bukan hanya monopoli manusia. Mobil juga butuh selimut untuk sekadar perlindungan. Hanya saja, peruntungan selimut pada kendaraan punya fungsi yang khusus.

Perlindungan cover mobil berfungsi menjaga dari menempelnya kotoran seperti debu hingga embun yang melekat pada body kendaraan. Selain daripada itu, cover mobil juga menghindari menempelnya kotoran binatang sepeti burung pada bagian body plus melindungi permukaan cat agar tetap terjaga kecerahannya.

Meski hanya sebagai aksesori mobil, cover (kondom) mobil cukup punya tempat bagi para pengguna. Maklum keberadaan mobil diparkiran, baik di kantor maupun rumah, cover mobil kerap menjadi pilihan menjaga dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Ambil contoh bila mobil sedang diparkir di rumah, terutama di carport. Penggunaan cover mobil bisa memberikan jawaban perlindungan yang dipaparkan di atas.

Apalagi pilihan cover mobil di pasaran, banyak dan beraneka model desainnya. Pun demikian dengan harga yang disodorkan. Mulai dari ratusan ribu hingga jutaan tersedia. Tinggal pilihan Andalah yang menentukan.

Ada beberapa panduan yang tepat untuk membeli cover mobil. Pertama, peruntukkan penggunaan cover mobil di luar area (outdoor). Biasanya, selain parkir mobil di luar ruangan area terbuka, kadang juga di parkir pada area yang terbuka walaupun ada atapnya (carport).

Untuk kebutuhan outdoor, pilihan bahan lebih licin dan anti-air. Umumnya, cover mobil berbahan polyester atau satin yang diklaim anti-air (waterproof). Pilihan jenis dan desain sesuai dengan model dan type mobil Anda agar lebih tepat penggunaanya.

Dalam Ruangan

Demikian pula, bila mobil diparkir di dalam ruangan (in door). Bukan berarti penggunaan cover mobil tidak diperlukan. Aplikasi aksesori ini masih tetap digunakan dengan berbagai catatan.

Untuk perlindungan dalam ruangan, cover mobil berbahan kain (fabric). Biasanya, desain bahan berongga (perforated) di sekujur selimut mobil ini. Bukan tanpa alasan, desain berlubang ini. Hal ini berfungsi sebagai media sirkulasi udara agar menjaga kelembaban.

Sehingga permukaan bodi bisa terjaga, tidak lembab atau kering sekalipun. Untuk harga, cover mobil berbahan kain lebih mahal ketimbang outdoor tentunya.

Sekadar informasi, meski posisi berada di dalam ruangan, bukan berarti kotoran debu serta suhu ruangan yang berpotensi merusak tidak bisa hinggap. Oleh sebab itu bahan dan desain cover menjadi kunci untuk perlindungan body mobil Anda.

Untuk kedua model ini, baik outdoor maupun indoor, Anda mesti perhatian jika penggunaan dalam tempo lebih dari dua hari. Utamanya, bila terjadi pengembunan. Usahakan agar membuka dan menjemurnya dengan segera, agar tidak menempel lama dan berpotensi mengakibatkan rusak permukaan cat.

Pilih Ukuran Sesuai Model dan Type Mobil Anda

Setelah tahu penggunaan cover mobil, pastikan posisi parkir kendaraan, apa di outdoor atau di indoor.  Selanjutnya, pertimbangan pemilihan cover mobil ukuran.

Pastikan ukuran dan dimensi tersebut sesuai dengan mobil Anda. Model dan lekuk-lekuk bodi kendaraan menjadi kunci memaksimalkan penggunaan perlindungan dari cover body pada mobil Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • bola online
  • agen bola