Transmisi Manual

Ketika pertama kali saya belajar nyetir mobil, saya belajar menggunakan mobil yang ber transmisi manual. Namanya saja baru pertama kali belajar, tentu banyak masalah yang saya hadapi terutama saat harus memindahkan transmisi. Ada dua masalah utama, yaitu :
1. Belum hapal gigi transmisi, letak gigi 1, 2, 3 dst.
2. Ragu-ragu ketika menginjak kopling, sehingga gigi susah masuk.
transmisi manual
Untuk masalah pertama, memahami benar posisi perpindahan gigi transmisi dan sering-seringlah berlatih praktek Anda. Dengan seiring waktu, Anda akan dengan sangat ringan memindahkan arah gigi walaupun tanpa harus melihat. Bahkan tanpa Anda sadari refleks tangan Anda sudah bergerak sendiri.
Untuk masalah ke dua, jangan ragu-ragu pada saat menginjak pedal kopling. Injak yang dalam sampai “mentok”, baru pindahkan perseneleng.
Kesimpulannya, Cara memindahkan gigi transmisi mobil yang benar dan aman untuk mobil transmisi manual yaitu, injak pedal kopling sedalam-dalamnya sampai pol, tahan terus, kemudian pindahkan perseneleng gigi ke posisi sesuai keinginan, jaga pandangan tetap ke depan menatap jalan, kemudian jika gigi transmisi sudah diposisisesuai keinginan, mulailah untuk melepaskan pijakan pada pedal kopling dengan perlahan, sambil kaki kanan menyesuaikan tekanan pada pedal untu mengatur besar kecilnya gas. Sehingga mobil tetap berjalan dengan mulus.

Keuntungan dari Transmisi Manual

  • Akselerasi Mobil lebih cepat
    Menggunakan mobil yang ber-transmisi manual kita bisa lebih fleksible dalam memainkan kopling dan juga dalam menginjak pedal gas. Akselerasi manual lebih terasa cepat dibandingkan dengan menggunakan transmisi otomatis. tranmisi otomatis biasanya agak lambat pada tarikan pertama.
  • Teknik Engine Brake dapat dilakukan.
    Menggunakan mobil dengan transmisi manual tentunya kita dapat melakukan teknik engine brake yaitu mengurangi kecepatan dengan menurunkan gigi transmisi pada mobil.
  • Lebih Hemat dalam penggunaan bahan bakar.
    Untuk mobil dengan jenis transmisi manual lebih mudah pada saat mengatur putaran mesin ketika  berkendara, jadi jika kita berkendara dengan benar maka efisiensi bahan bakar pada mobil yang kita kendarai lebih irit dibandingkan jika kita menggunakan mobil dengan transmisi otomotis, mobil jenis ini biasanya lebih boros bahan bakar.
  • Perawatan Mobil lebih Mudah
    Dari sisi perawatan, mobil yang ber transmisi manual biasanya relatif lebih mudah dibandingkan dengan mobil yang ber transmisi otomatis (matic) , untuk biaya servicenya juga bisa dibilang lebih murah , daya tahan oli pada mobil ini lebih lama sehingga tidak perlu terlalu sering sering mengganti oli  ,tapi cukup secara rutin saja.
  • Harga Mobil Transmisi Manual Masih Bisa Bersaing.
    Harga mobil jenis transmisi manual yang baru akan lebih murah di bandingkan dengan harga mobil yang bertransmisi otomatis, selain itu juga harga jual kembali mobil transmisi manual lebih tinggi di bandingkan mobil jenis transmisi otomatis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *